You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pasar Jaya Rawasari Beralih Fungsi Menjadi Rumah Kost
Pasar Jaya Rawasari Beralih Fungsi Menjadi Rumah Kost .
photo Jhon Syah Putra Kaban - Beritajakarta.id

Pasar Jaya Rawasari Beralih Fungsi Jadi Tempat Kos

Kondisi Pasar Jaya Rawasari di Jalan Rawasari Selatan, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, terlihat memprihatinkan. Selain bangunan pasar yang tak terurus banyaknya pedagang kaki lima (PKL) di luar pasar membuat pasar terlihat kumuh. Parahnya, banyak di antara kios di dalam pasar yang beralih fungsi menjadi kos-kosan. 

Seharusnya kepala pasar membenahi hal tersebut, kita berharap juga pasar cepat direvitalisasi, petugas Satpol PP kecamatan hanya bisa ditugaskan menjaga di luar pasar

Pantauan beritajakarta.com, bau anyir sudah tercium saat memasuki pasar. Di dalam pasar banyak kios yang kosong. Tidak ada penataan membuat pasar terlihat sangat kumuh. Bangunannya juga terlihat tidak terawat. Lantai dua gedung hanya terlihat aktivitas rental play station (PS). 

PKL Tamansari Enggan Pindah ke Dalam Pasar

Ujang (42), salah seorang pedagang mengatakan, di lantai dua pasar saat ini banyak dijadikan rumah kos atau kontrakan. "Memang kecil tempatnya, hanya karena murah banyak pedagang memilih menyewa rumah kos ini. Kita bayar kok tiap bulan ke pihak pasar," ungkapnya, Selasa (18/11).

Untuk kos berukuran 1,5x1,5 meter dikenakan biaya sewa Rp 450 ribu per bulan, belum termasuk toilet dan biaya cuci. "Daripada ngontrak di luar mahal, untuk ke WC Rp 2.000 sekali masuk, bayangkan saja kalau minimal tiga kali sehari. Buat nyuci sebesar Rp 5.000," jelasnya.

Camat Cempaka Putih, Lilik Yuli Handayani, menyayangkan kesemrawutan di pasar tersebut. Diakui Lilik, pihaknya sering melakukan penertiban, sayangnya ini tidak bisa terus bertahan jika kondisi di dalam pasar tetap dibiarkan seperti itu.

"Seharusnya kepala pasar membenahi hal tersebut, kita berharap juga pasar cepat direvitalisasi, petugas Satpol PP kecamatan hanya bisa ditugaskan menjaga di luar pasar," katanya.

Kepala Pasar Rawasari dan Jatirawasari, Tagor Sidabutar mengatakan, kondisi bangunan pasar yang sudah ada sejak Tahun 1982 tersebut memang membutuhkan pembangunan gedung baru.

Disinggung mengenai banyaknya kios pasar yang beralih fungsi menjadi kos, ia menampik hal tersebut."Nggak benar itu, paling karyawan kita doang yang nginap di sini karena rumah mereka jauh di Bogor dan Tangerang," kilahnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1050 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye935 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye919 personAldi Geri Lumban Tobing